Sosialisasi Pemasangan Alat Perekam Transaksi

Bertempat di Hotel Grand Bougenville, Pantai Panjang Kota Bengkulu, Kamis Tanggal 02 May 2019 Pukul 13.00 Wib, Bapenda Kota Bengkulu mengadakan kegiatan Sosialisasi Pemasangan dan Implementasi Alat Pemantau Transaksi Usaha ( Tapping box, data box dan cash register pada wajib pajak daerah Kota Bengkulu). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bidang Pengelolaan Pajak Daerah.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Dedy Wahyudi. Dalam sambutannya Wakil Walikota meminta peran serta seluruh wajib pajak daerah yang ada di Kota Bengkulu dalam membayar pajak. Karena dari pajak dapat dipergunakan untuk pembangunan daerah. Pemasangan alat ini juga merupakan salah satu usaha pencegahan terhadap kebocoran PAD. Pada kesempatan ini dikatakan pula bahwa Pemerintah Kota Bengkulu membuka layanan pengaduan bagi masyarakat apabila ada indikasi penyalahgunaan pajak tersebut. Sedangkan bagi wajib pajak yang secara sengaja melalaikan kewajibannya dalam membayar pajak akan dikenakan sanksi.

Seperti diketahui mulai akhir tahun 2018 sampai sekarang telah dipasang sebanyak 98 alat dibeberapa objek pajak daerah yang ada di Kota Bengkulu, antaranya objek pajak hotel, restoran, hiburan dan pajak parkir. Untuk tahun 2019 ini ditargetkan akan ada pemasangan lagi sebanyak 200 hingga 400 alat tapping box dan cash register. Kegiatan sosialisasi ini, dihadiri peserta dari wajib pajak daerah yang ada di Kota Bengkulu. Dihadirkan pula narasumber dari Kejaksaan Negeri Kota Bengkulu dan Kepolisian Resort Kota Bengkulu.

Diharapkan dengan pemasangan alat perekam transaksi ini, penerimaan pendapatan asli daerah kota Bengkulu dari sector pajak daerah dapat terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, tentunya harus didukung oleh ketaatan dari pelaku usaha (wajib pajak) dalam membayar pajak daerah.